Krisis Nakes, Endah Purwanti Komisi IV DPRD minta Pemkot Gandeng Rektor Se-Bogor

HomeParlementaria

Krisis Nakes, Endah Purwanti Komisi IV DPRD minta Pemkot Gandeng Rektor Se-Bogor

Kota Bogor saat ini kekurangan tenaga kesehatan untuk penanganan COVID-19. Hal tersebut mengakibatkan penanganan pasien covid-19 di Kota Bogor menjadi tidak optimal.

Menyoroti hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti, S.Pi, berpendapat bahwa untuk mengatasi kekurangan nakes, Pemkot harus segera bekerja sama dengan para Rektor di Kota Bogor, terutama yang ada dibidang keperawatan dan kedokteran.

“Harus diminta kerjasama, untuk bahu membahu berjuang menjadi relawan kesehatan yang harus di siagakan di 21 Rumah sakit se-Kota Bogor dan Puskesmas se-Kota Bogor, sesuai dengan Surat Edaran terbaru,” ucap Endah.

Politisi PKS itu pun menambahkan Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/4394/2020 Tentang Registrasi dan Perizinan Tenaga Kesehatan Pada Masa Pandemi Corona Virus 2019 (Covid-19) yang dimana dalam kondisi kedaruratan masyarakat Covid-19, mahasiswa tingkat akhir pendidikan tenaga kesehatan dapat dilibatkan menjadi tenaga kesehatan penanganan Covid-19. Selain itu, pengajuan Surat Tanda Registrasi bagi tenaga kesehatan dipermudah dalam kondisi kedaruratan seperti saat ini.

“Jika semua mahasiswa kesehatan dan kedokteran di Kota Bogor bisa di terjunkan dengan pelatihan, minimal kebutuhan SDM teratasi.”, tambah Endah.

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: