Masalah PPDB, Dewan Jabar Iwan Suryawan Dorong Disdik Evaluasi Mendalam Setiap Proses

HomeIwan Suryawan

Masalah PPDB, Dewan Jabar Iwan Suryawan Dorong Disdik Evaluasi Mendalam Setiap Proses

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bogor Iwan Suryawan mengikuti giat Public Hearing PKS Kota Bogor, yang bertema “Kupas Tuntas PPDB 2022″ yang digelar secara daring via aplikasi zoom, Rabu (15/06/2022).

Dalam giat tersebut, Iwan menyebutkan bahwa Pemerintah baik itu tingkat Provinsi maupun Kota Bogor masih kurang mengedukasi masyarakat terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Memang PPDB ini masih menjadi polemik tiap tahunnya karena kuota dan calon peserta didik sangat tidak berimbang. Minimnya jumlah sekolah negeri di Kota Bogor menjadi penyebab utama polemik ini selalu terjadi tiap tahun. Kecenderungan masyarakat untuk menyekolahkan anak di sekolah negeri juga masih sangat kuat” ucap Abah Iwan, panggilan akrabnya

Abah Iwan pun melanjutkan, edukasi kepada warga akan prosedur PPDB harus dilakukan secara terus menerus. Masih sering ditemukan, meskipun semua prosedur dan persyaratan sudah dicantumkan, namun orangtua masih sering pertanyakan.

“Pertanyaan teknis khususnya terkait dokumentasi admintrasi kependudukan mestinya sudah tidak menjadi kendala lagi. Contohnya perlu atau tidaknya pendaftar untuk melampirkan Surat Domisili. Simpang siurnya informasi membuat para orangtua jadi bingung dan mempersulit proses pendaftaran” tambah Abah Iwan.

Tidak lupa, Iwan pun terus mendorong semua pihak terkait khususnya Dinas Pendidikan untuk terus memperbaiki proses PPDB tiap tahunnya. Evaluasi mendalam apa yang masih jadi kendala agar PPDB di tahun berikutnya bisa jauh lebih baik.

“Saya apresiasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang sudah banyak membuat kebijakan baru untuk PPDB 2022. Saya berharap kita tidak puas dengan kondisi saat ini. Terus evaluasi mendalam dari proses pra PPDB, saat PPDB berlangsung dan pasca PPDB nanti. Kita terus ikhtiar untuk mencapai titik ideal pelaksanaan PPDB” tutup Abah Iwan.

Hits: 20

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0