Dukung Milenial Produksi Konten Kreatif, PKS Kota Bogor Gelar Pelatihan Produksi Video Pendek

HomeKUTIPAN MEDIA

Dukung Milenial Produksi Konten Kreatif, PKS Kota Bogor Gelar Pelatihan Produksi Video Pendek

Dunia digital yang semakin berkembang pesat mendorong lahirnya sektor baru dari sub segmen industri kreatif. Dampak positif dari hadirnya media sosial dan semakin tingginya penetrasi internet di Indonesia mendorong lahirnya kreator-kreator baru yang memiliki ide-ide pembuatan konten yang menarik dan unik. Kehadiran konten kreator ini tidak saja berdampak pada meningkatnya pendapatan pribadi masing-masing individu, namun juga menjadi pendukung pertumbuhan dari industri-industri besar yang sudah ada.

Untuk mengakomodir banyaknya anak-anak muda yang ingin terjun di industri ini namun masih minim pengetahuan dan pengalaman, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera Kota Bogor pun menggelar pelatihan bertajuk Mencari Ide dan Produksi Video Pendek yang digelar Sabtu (2/10) di aula kantor DPD PKS. Workshop berdurasi tiga jam tersebut pun menghasilkan lebih dari 15 video pendek dengan tema keseharian masyarakat kota Bogor.

Menurut Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, adanya pelatihan ini sebagai upaya PKS untuk mendorong Bogor menjadi salah satu kota kreatif di Indonesia khususnya secara digital. Selama ini, di Jawa Barat, Bandung dikenal sebagai kotanya anak-anak muda yang kreatif dengan ide-ide konten yang bervariasi dari serius hingga yang lucu.

“Kita ingin Bogor menjadi tempat produksi konten-konten edukatif yang disajikan secara menarik sehingga banyak masyarakat di luar sana yang tertarik untuk menjadi pengikut akun-akun asli orang Bogor. Kota ini sangat kaya akan tema, mereka bisa mengeksplorasi kuliner, spot-spot wisata, kehidupan masyarakatnya, bahkan aktifitas-aktifitas relijiusnya. Bisa disampaikan secara formal, bisa juga secara santai. Apapun itu, yang penting publik bisa menikmatinya,” tutur Atang saat dihubungi di Bogor.

Untuk pengisi materinya sendiri, tambah Atang, panitia langsung mengundang pakar yang berpengalaman di bidang ini.

“Trainer kami, Muhammad Sholich Mubarok atau kang Barok, adalah profesional di bidang media sosial. Beliau adalah video kreator yang karya-karyanya selalu viral dan tinggi tingkat interaksinya. Apalagi sebelumnya ia juga pernah menjadi juri lomba TikTok yang diadakan Kementrian Komunikasi dan Informasi serta konsultan konten untuk akun bank BUMN, tokoh publik dan lainnya. Jadi, sangat high-qualified sekali.”

Senada dengan itu, Ketua Bidang Humas DPD PKS Hasan mengatakan, pelatihan yang digelar tersebut tidak berhenti sampai di sini, melainkan ada tahapan pembinaan dalam grup khusus. Trainer serta peserta bisa berinteraksi di dalamnya untuk minta masukan, ide dan masalah teknis lainnya.

“Bahkan satu hari setelah pelatihan, banyak sekali peserta yang membuat video kreatif dan minta diberikan masukan. Tentu ini sesuatu yang menggembirakan sekali bahwa Bogor tidak kekurangan orang-orang kreatifnya,” tutur pria yang akrab disapa Kang Acang tersebut.

Ke depannya, Acang mengatakan bahwa DPD PKS Kota Bogor akan membuka kembali kelas ini untuk mereka yang belum sempat ikut dan juga pelatihan lanjutan bagi alumni.

“Potensi industri kreatif sangat besar di Indonesia. Anak-anak milenial kota Bogor harus mengambil peran tersebut. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton konten orang lain, padahal kita pun memiliki potensi yang tidak kalah kreatifnya dengan para selebgram dan seleb TikTok,” tegasnya.

Hits: 2

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0